Saturday, January 5, 2013

MAINTENANCE

KENAPA PERLU MAINTENANCE ?


Ada beberapa hal yang menyebabkan maintenance harus dilakukan, diantaranya adalah :

1. Perbaikan
2. Pengembangan


1. PERBAIKAN
Kerusakan pada system yang disebabkan oleh :
a. Usia pakai alat pendukung jaringan
b. Gangguan alam (Induksi petir, angin, hujan dll)
c. Serangan hacker
d. Interferensi gelombang radio
dapat menyebabkan gangguan pada jaringan internet.

2. PENGEMBANGAN
Pengembangan yang dilakukan terhadap system jaringan ditujukan untuk meningkatkan kualitas layanan internet.
Pengembangan yang pernah dilakukan terhadap system jaringan diantaranya adalah :
a. Implementasi Server Proxy
b. Migrasi dari Router Board ke PC Router
c. Peremajaan alat pendukung jaringan
d. Peningkatan system keamanan jaringan untuk menghindari serangan hacker.
e. Pengadaan/setup system backup jaringan internet.
f. Peningkatan kualitas pembagian bandwidth.

Perbaikan dan pengembangan system jaringan internet memerlukan proses maintenance, selama proses maintenace jaringan internet menjadi tidak stabil bahkan bisa tidak berfungsi.

FREKUENSI MAINTENANCE
Ada banyak sekali pertanyaan mengenai kenapa sering sekali terjadi maintenance, sebenarnya frekuensi maintenance sangat tergantung pada :
a. Banyaknya gangguan yang terjadi
b. Pengembangan yang harus dilakukan
Gangguan dan pengembangan adalah hal yang tidak dapat dihindari pada system jaringan yang sedang berkembang, yang menjadi perhatian utama bagi kami adalah bagaimana caranya agar proses maintenace tidak mengganggu layanan internet kami.

WAKTU MAINTENANCE
Jam berapa biasanya dilakukan maintenance?. Waktu untuk dilakukannya maintenance sangat tergantung sekali dengan kebutuhan, adakalanya maintenance dilakukan pada saat jam sibuk. Namun biasanya maintenance dilakukan antara jam 01 s/d jam 06 pagi.
Maintenance karena perbaikan biasanya dilakukan pada saat kejadian, sedangkan maintenance karena pengembangan dilakukan antara jam 01 s/d 06 pagi, kecuali sangat penting sekali.

LAMA MAINTENANCE
Lamanya proses maintenance tergantung pada :
a. Jenis gangguan
b. Waktu terjadinya gangguan
Gangguan terhadap alat pendukung jaringan yang terdapat di tower pemancar dan terjadi pada saat hujan memerlukan waktu recovery lebih lama.

LAYANAN INTERNET
Adakalanya pada saat maintenance layanan internet tetap dapat digunakan, selama tampilan menu login muncul di layar monitor anda maka layanan internet tetap dapat digunakan.

PENUTUP
Agar proses maintenance dapat berjalan lancar, kami sangat mengharapkan partisipasi dari seluruh pelanggan. Sampaikan keluhan anda di nomer : 081807882106 atau  087780015430. Keluhan anda sangat membantu kami dalam meningkatkan kualitas layanan internet kami.


Terimakasih
Free hotspot
Bekasi, 201301050333


No comments:

Post a Comment